Motivasi 3

Selasa, 14 Februari 2012

Kekuatan Impian


Impian adalah apa yang ingin diraih seseorang di masa depan. Hal itu merupakan sebuah gambaran besar visi, dan biasanya dapat dirangkum dalam beberapa kata atau sebuah kalimat pendek.

Saya ingin menulis novel
Saya ingin menjadi pemain bisbol profesional
Saya ingin menikah dan mempunyai dua omng anak
Saya ingin pergi ke Amerika


Segalanya berawal dari impian.
Tapi, apa yang menciptakan impian? Apa yang penting?
Berikut adalah unsur-unsur yang harus dimiliki semua impian bagus:
Impian itu harus impian Anda. Pastikan contoh-c0nt0h Anda tidak berbunyi Ayahku ingin aku menjadi pemain bisbal profesional, atau suamiku ingin aku menikahi(nya) dan mempunyai dua anak. Anda dapat berbagi impian dengan orang lain dan mereka bisa membantu Anda mewujudkan impian itu. Namun, impian itu haruslah impian Anda sendiri.
Impian itu harus penting bagi Anda. Impian yang lemah sama seperti api yang Iemah; keduanya memberikan panas yang lemah. Banyak orang berkata saya tidak tahu apakah ini yang benar-benar saya inginkan. Bagaimana saya bisa yakin? Anda pasti tahu bila impian Anda itu memang penting bagi Anda. Anda akan merasakannya dalam hati dan dalam diri Anda. Impian itu akan membuat Anda terjaga di malam hari dan memikirkannya. Anda mungkin merasa perlu menyingkirkannya untuk beberapa minggu, atau bahkan beberapa tahun, namun impian itu akan tetap ada dalam diri Anda. Impian yang penting tidak akan pernah mati.

Anda harus menjaga impian itu tetap hidup, apa pun yang tarjadi.
Pada umumnya, impian adalah untuk jangka panjang. Ada yang untuk mewujudkan sebuah impian hampir sepuluh tahun. Apakah orang tersebut mempunyai keraguan selama itu? Ya. Adakah rintangan dalam langkahnya? Tentu. Tetapi, orang tersebut bertarung dengan keraguan dan rintangan tersebut sehingga dia tidak pernah kehilangan impiannya.

Apakah impian Anda? Apakah Anda memilikinya? Seharusnya begitu. Apabila Anda tidak mempunyai impian, bagaimana mungkin Anda dapat membuatnya menjadi kenyataan?

 ada ada di mana-mana.
Namun, kesempatan itu tidak terlihat oleh orang
yang tidak tahu pasti apa yang mereka inginkan.




Untuk mencapai sukses dalam bidang apapun dan untuk menggapai cita-cita atau impian, diperlukan fokus. Dengan memiliki fokus maka dalam mengerjakan sesuatu akan terus bersemangat karena tetap fokus atau tertuju pada impian. Mari simak ilustrasi dibawah ini.
Anda adalah perahu kokoh yang sanggup menahan beban, terbuat dari kayu terbaik, dengan layar gagah menentang angin. Kesejatian anda adalah berlayar mengarungi samudra, menembus badai dan menemukan pantai harapan. Sehebat apapun perahu diciptakan tak ada gunanya bila hanya tertambat di dermaga.

Dermaga adalah masa lalu anda. Tali penambat itu adalah ketakutan dan penyesalan anda. Jangan buang percuma seluruh daya kekuatan yang dianugrahkan pada anda. Jangan biarkan masa lalu menambat anda di siti. Lepaskan diri anda dari ketakutan dan penyesalan. Berlayarlah. Bekerjalah.
Yang memisahkan perahu dengan pantai harapan adalah topan badai, gelombang dan batu karang. Yang memisahkan anda dengan keberhasilan adalah masalah yang menantang. Di situlah tanda kesejatian teruji. Hakikatnya perahu adalah berlayar menembus segala rintangan. Hakikat diri anda adalah berkarya menemukan kebahagiaan.
Jadi miliki fokus kepada tujuan atau cita-cita atau impian Anda, sehingga di dalam melakukan sesuatu hal untuk pencapaian suatu impian atau cita-cita, Anda akan tetap bersemangat dan pantang menyerah. Sukses untuk Anda.




Sabar

Banyak orang yang iri dengan kesuksessan orang, dengan berkata: iya sih Pak Achi enak hidupnya atau iya enak ya Bu Achi bisa keluar negeri satu bulan 4 kali. Tapi perlu Anda ketahui dibalik kesuksesan seseorang, pasti ada serangkaian proses untuk mencapai cita-cita atau impian mereka.
Dibalik suatu kesuksesan pasti ada jalan panjang (proses) yang berceritakan perjuangan dan pengorbanan, keringat dan halangan (tantangan). Bila anda terpesona pada kenyamanan yang diberikan oleh kesuksesan, anda bisa lupa dari keharusan untuk berupaya. Namun, bila anda terkagum pada ketegaran seseorang dalam berusaha, maka anda telah menyerap sebuah energi kekuatan, keberanian dan sabar.
Pohon besar mampu menahan terjangan badai karana memiliki batang dan akar yang kokoh. Belasan tahun diperlukan untuk menunbuhkan dan melatih kekuatan. Bulan demi bulan, hujan menguatkan jaringan kayunya. Tahun demi tahun, pohon-pohon besar lain melindungi dari terpaan hujan dan angin. Tak ada hitungan malam untuk mencetak sebongkah batang yang tegar. Tak ada hitungan siang untuk menumbuhkan akar yang kekar mencengkeram bumi. Hanya dengan sabar anda bisa meraih keberhasilan. Tumbuhlah kesabaran bukan sekedar kecepatan meraih sukses.
Ingat kawan, tak ada jalan pintas untuk sebuah kesuksesan. Jadi diperlukan keniatan dan rasa sabar dalam melewati setiap proses untuk menuju kepada sebuah kesuksesan. Bila Anda gagal (jatuh), ya bangun lagi…. tetap take action dengan rasa sabar untuk menggapai impian Anda.




Sering kita mendengar orang disekeliling kita mengeluh (berkeluh kesah), dikarenakan berbagai macam masalah dalam kehidupannya. Tapi ingat kawan bahwa mengeluh bukanlah cara pemecahan masalah yang baik, tetapi akan membuat masalah Anda semakin berat. Dalam artikel ini kami akan mengulas tentang hal mengeluh ini, silahkan di baca sampai habis.
Pantaskah anda mengeluh? Padahal anda telah dikaruniai sepasang lengan yang kuat untuk mengubah dunia. Layakkah anda berkeluh kesah? Padahal anda telah dianugerahi kecerdasan yang memungkinkan anda untuk membenahi segala sesuatunya.
Apakah anda bermaksud untuk menyia-nyiakan semuanya itu? lantas menyingkirkan beban dan tanggung jawab anda? Janganlah kekuatan yang ada pada diri anda, terjungkal karena anda berkeluh kesah. Ayo tegarkan hati anda. Tegakkan bahu. Jangan mengeluh dan jangan biarkan semangat hilang hanya karena anda tidak tahu jawaban dari masalah anda tersebut.
Jangan biarkan kelelahan menghujamkan keunggulan kamu. Ambillah sebuah nafas dalam-dalam. Tenangkan semua alam raya yang ada dalam benak anda. Lalu temukan lagi secercah cahaya dibalik awan mendung. Dan mulailah ambil langkah baru.
Sesungguhnya, ada orang yang lebih berhak mengeluh dibanding anda. Sayangnya suara mereka parau tak terdengar, karena mereka tak sempat lagi untuk mengeluh. Beban kehidupan yang berat lebih suka mereka jalani daripada mereka sesali. Jika demikian masihkan anda lebih suka mengeluh daripada menjalani tantangan hidup ini?
Ingat kawan untuk jangan mengeluh, Anda harus melihat orang lain yang mempunyai masalah lebih berat dari Anda. Dengan begitu Anda baru dapat mensyukuri apa yang terjadi dengan hidup Anda. Setelah membaca artikel jangan mengeluh diatas, coba Anda tanyakan ke diri Anda sendiri: pantaskah saya mengeluh?



Menjadi Yang Terbaik

Setiap kita pasti ingin menjadiyang terbaik dalam hal apapun, baik dalam pekerjaan, dalam kehidupan keluarga dan lain-lain. Ikuti saja cerita dibawah untuk menjadi yang terbaik,  berikut ceritanya:
Suatu hari Pete Parker tiba di Dallas untuk bertemu dengan seorang klien. Sebuah taksi lalu berhenti di depannya. Sang sopir membuka pintu untuk Pete dan menutupnya kembali setelah Pete duduk dengan nyaman. Setelah sopir itu duduk di balik kemudi, ia mengatakan ada Wall Street Journal yang bisa Pete baca.
Sang sopir juga memperlihatkan beberapa kaset dan menanyakan jenis musik yang Pete suka. Pete Parker benar-benar tak percaya dengan layanan istimewa yang ia terima. Sambil menyetir, sopir taksi bercerita bahwa ia senang sekali dengan profesinya sebagai sopir taksi, “Dan saya tidak hanya ingin menjadi sopir taksi biasa, tapi sopir taksi profesional.
Satu hal yang saya tahu bahwa agar menjadi hebat dalam pekerjaan saya, saya harus melakukan hal yang melebihi harapan penumpang taksi saya. Saya suka dengan kata ‘hebat’, saya rasa itu lebih mengagumkan daripada sekedar ‘rata-rata’ saja.”

Berikut beberapa tips untuk menjadi yang terbaik:
1. Melakukan tindakan yang berbeda
Seperti contoh sopir taksi diatas, dia tidak mau seperti sopir taksi pada umumnya saja yang tugasnya hanya menyetir saja. Tapi dia melakukan tindakan yang berbeda dari supir taksi pada umumnya. Supir taksi diatas memberikan layanan yang istimewa berupa surat kabar Wall Street Journal dan juga memperlihatkan beberapa kaset dan menanyakan jenis musik yang Pete sukai.
2. Keluar dari zona nyaman kita
Jangan merasa puas dengan hasil Anda saat ini, karena sebenarnya Anda bisa mendapatkan lebih dari yang Anda dapatkan saat ini. Tentu saja untuk dapat memperoleh hasil yang lebih, dibutuhkan juga kerja yang lebih keras lagi, dsb. Jadi keluarlah dari kondisi nyaman Anda hari ini untuk menjadi yang terbaik atau lebih baik.
3. Memanage waktu dengan baik
Untuk menjadi yang terbaik dibutuhkan juga manajemen waktu yang baik, karena dengan adanya manajemen waktu yang baik kerja Anda akan menjadi lebih produktif dan efesien.
4. Melebihi harapan
Berilah lebih dari apa yang diharapkan oleh orang lain. Contoh: Untuk menjadi seorang pelari marathon yang terbaik, maka harus berlatih lebih dari yang rata-rata pelari marathon lakukan.
Presiden AS ke-38 (Gerald R. Ford) pernah berkata, “Jangan puas dengan apa yang lebih kecil dari apa yang bisa Anda capai. Jika Anda berjuang untuk menggapai yang terbaik dan melesat, Anda tetap akan menonjol di antara orang-orang.” Ya, itulah yang perlu kita lakukan di tahun ini. Bila sebelumnya tanpa sadar kita lebih senang mengerjakan segalanya dengan kualitas biasa-biasa saja, standar, maka inilah saatnya kita memperbaiki kinerja kerja kita. Mengapa? Karena mempersembahkan hasil kerja yang terbaik, yang lebih diharapkan orang lain bukan hanya akan membuat kita berbeda dari orang-orang, namun membuat orang di luar sana datang mencari kita.
Profesional, semoga tips untuk menjadi yang terbaik bisa bermanfaat dan  tetap dipertahankan di tengah kompetisi yang semakin berat ini. Jadilah yang terbaik. Anda PASTI BISA.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...