Kesempatan

Rabu, 19 September 2012

Kesempatan Selalu Datang Dengan Ketidakpastian




Sebagai permulaan, saya ingin membagikan cerita yang sudah cukup lama saya dengar, mungkin banyak dari anda yang sudah pernah mendengar mengenai cerita ini, tetapi saya yakin ada saja yang belum , jadi akan saya coba ceritakan kembali. Semoga anda bisa menangkap makna dari cerita yang akan saya jelaskan. Begini ceritanya ………..

Pada suatu hari, ada hujan besar yang melanda suatu daerah. Diramalkan bahwa daerah tersebut akan segera kebanjiran maka penduduk pun mulai bersiap2 mengungsi. Di suatu rumah, hiduplah seorang pemuda yang sangat baik. Dia sangat beriman dan takwa kepada Tuhan. Ketika semua orang bersiap-siap untuk mengungsi, beda halnya dengan pemuda ini. Dia tidak berencana sama sekali untuk meninggalkan rumahnya, karena dia yakin apapun yang terjadi, Tuhan akan selalu menolongnya.
Banjir pun akhirnya benar-benar terjadi. Ketika ketinggian air masih
semata kaki, orang-orang pun mulai mengungsi. Pada saat itu, sebuah mobil melewati rumah sang pemuda. Mereka pun mengajak pemuda ini untuk pergi, tetapi pemuda ini menolak dengan alasan bahwa Tuhan akan menolongnya. Mereka pun pergi meninggalkan pemuda ini.

Hari kedua, hujan masih juga belum berhenti, dan ketinggian air terus menaik. Banjir sekarang sudah mencapai ketinggian orang dewasa normalnya. Sang pemuda pindah tinggal di lantai 2 rumahnya, karena lantai 1 sudah dibanjiri. Pada saat itu, ada perahu karet yang lewat depan rumahnya. Mereka mengajak sang pemuda ini untuk pergi dari sana, tetapi pemuda ini menolak dengan alasan yang sama bahwa Tuhan akan menolongnya. Mereka pun pergi meninggalkan pemuda ini lagi.
Hari ketiga, hujan masih tetap saja belum berhenti, ketinggian air pun kembali menaik. Sekarang ketinggian air sudah mencapai lantai 2 rumah sang pemuda, maka sang pemuda pun pindah ke atap rumahnya. Pada saat itu, ada helikopter yang datang untuk mengecek dan menemukan ada sang pemuda yang masih terjebak banjir. Mereka pun berusaha menolong dan mengajak pemuda ini untuk pergi. Tetapi pemuda ini tetap menolak dengan alasan yang sama bahwa Tuhan akan menolongnya. Jadi, mereka pun pergi meninggalkan pemuda ini.
Akhirnya ketinggian air terus menaik hingga atap rumah dan menenggelamkan pemuda ini. Sesampainya di surga, pemuda ini bertemu dengan Tuhan. Pemuda ini bertanya kepada Tuhan.
Pemuda :“Tuhan, mengapa Engkau tidak menolongku ketika aku berada dalam kesusahan. Padahal aku sangat beriman dan takwa kepadaMu”
Tuhan :”Ya, Aku sudah berusaha menolongmu, hanya saja engkau tidak mau menerimanya. Tahukah engkau, bahwa Aku sudah mengirimkan mobil, perahu karet, dan helikopter untukmu?”

Apakah anda mengerti makna cerita di atas? Ya, kesempatan di dunia ini selalu datang dengan bentuk yang tidak pasti. Ada begitu banyak kesempatan di sekeliling kita, hanya saja tidak kita sadari. Hanya orang yang mempunyai tujuan, tahu ke arah mana dia harus melangkah, dan selalu waspada yang akan berani untuk melihat kesempatan dan mengambilnya. Seperti banyak orang bijak bilang bahwa Tuhan memiliki rencananya sendiri bagi setiap orang. Jadi kesempatan untuk tiap orang belum tentu sama, hanya anda sendirilah yang bisa menentukan kesempatan mana yang terbaik agar anda mencapai apapun target anda.

Saya kurang setuju dengan perkataan “hoki” atau “keberuntungan” jika dikaitkan dengan kesuksesan. Bagi saya keberuntungan ini adalah kesempatan yang diyakini benar dan dibuktikan dengan tindakan yang akhirnya membuahkan hasil, jadi dengan kata lain, keberuntungan hanya akan datang kepada orang yang yakin akan tujuannya (tujuan hidup, tujuan keuangan, tujuan cinta, apapun tujuan anda), dan berani untuk melakukan tindakan demi mencapai tujuannya.
Jadi, apakah ada kesempatan yang tepat bagi anda? Bagi saya, tidak pernah ada kesempatan yang tepat jika kita hanya menunggu kesempatan itu datang. Yang bisa anda lakukan adalah anda ciptakan sendiri kesempatan yang paling tepat untuk anda. Jika anda menggunakan kesempatan yang anda rasa baik dengan keyakinan penuh dan tindakan, saya rasa apa pun kesempatan itu akan menjadi kesempatan yang terbaik untuk anda. Jika anda sudah meyakini dan melakukan tindakan yang menurut anda terbaik, yang bisa anda lakukan selanjutnya adalah menyerahkannya kepada Tuhan. Saya rasa apapun tujuan anda selama tujuan anda baik, Tuhan akan selalu memberikan jalan yang terbaik bagi kita semua.

Semoga dengan membaca artikel-artikel yang saya buat dan muat di blog ini dapat menjadi salah satu kesempatan yang membantu anda menuju kesuksesan atau impian anda.

Tips: Tuhan memiliki rencananya sendiri untuk setiap orang. Kita tak akan pernah tahu mana kesempatan terbaik untuk kita. Jadi yakinilah dan kerjakan kesempatan yang anda rasa baik sebaik mungkin, maka siapa tau itu akan menjadi kesempatan terbaik yang diberikan Tuhan untuk anda. Salah satu prinsip sukses yang penting adalah keyakinan dan tentu saja tindakan. Yakinlah akan keberadaan Tuhan yang selalu mendukung kita, dan yakinlah pada diri anda sendiri bahwa anda mampu meraih apapun tujuan anda.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...