Waktu

Selasa, 02 Oktober 2012

Waktu Adalah Uang




Ada anak kecil yang menanyakan berapa sih gaji ayah nya sehingga dirinya tidak pernah bertemu dengan ayahnya. Ketika ia belum bangun ayahnya sudah berangkat kerja dan ketika dirinya sudah tertidur ayahnya baru kembali. Nah, disuatu waktu luang ketika dirinya bertemu ayahnya, anak ini bertanya, “Ayah… bolehkah aku tahu berapa gaji ayah?”
Sang ayah menjawab,”Mengapa engkau menanyakan hal ini anakku?” sambil mengusap-usap
rambut sang anak.
“Habis aku jarang bertemu dengan ayah. Aku kan perlu kasih sayang dan perhatian ayah.”
“Besar sekali,”jawab si ayah sekenanya. “Pokoknya lebih dari cukup.”
“Tapi berapa ayah ?” si anak terus mendesak ayahnya. Akhirnya
sang ayah menyerah dan dengan jujur berkata. ” Kalau mau dihitung gaji ayah Rp 100.000 perjam.”
Sang anak terdiam. Tak berapa lama dirinya berkata,” Kalau begitu besok pagi ayah jangan berangkat kerja dulu. Aku ingin ayah menemani aku dua jam hingga aku ke sekolah.”
“Tetapi ayah mesti kerja nak.”
“Saya akan bayar ayah Rp200.000 dari seluruh tabunganku. Aku ingin ayah menemani aku selama dua jam saja.”


Bagaimana menurut anda cerita diatas ?Saya mempunyai pertanyaan untuk anda…. Berapakah kekayaan anda ? Bagaimana anda menjawab pertanyaan ini ? Rp 10jt? Rp 100jt? Rp 1M ? Kebanyakan orang akan menjawab seperti itu, kekayaan selalu dinilai dengan jumlah uang.Tetapi dari cerita diatas, kita bisa belajar dari sang anak bahwa sesungguhnya kekayaan anda diukur dengan WAKTU !
Jika pengeluaran anda Rp 100/ bulan dan simpanan anda Rp 500, maka kekayaan anda adalah 5 bulan. Saya mengajak kita semua untuk melihat kekayaan dengan kacamata yang baru, jangan lagi melihat kekayaan dengan jumlah uang. Definisi kekayaan adalah berapa lama anda dapat bertahan dengan gaya hidup yang sama jika anda berhenti bekerja saat ini. Sekarang bolehlah anda menjawab di dalam hati pertanyaan saya tadi. Berapakah kekayaan anda ?
Jika kita sudah bisa melihat kekayaan dengan ukuran waktu, maka investasi adalah keharusan untuk kita. Investasi adalah kegiatan menanamkan uang pada kendaraan tertentu agar nantinya uang tersebut dapat bekerja untuk kita. Sehingga suatu saat kita bisa berhenti bekerja dan uang yang bekerja untuk kita. Jika uang yang bekerja untuk kita, artinya kekayaan kita menjadi tak terhingga. Kita bisa berhenti bekerja dan mempertahankan gaya hidup selama investasi menghasilkan penghasilan pasif untuk kita.

pesan: satu-satunya yang tidak bisa dibeli dengan uang adalah….WAKTU

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...